Kamis, 10 Maret 2016

Cinta Pertama di Kampus: Kamus Linguistik Arab >< Indonesia

Teringat suatu perjuangan, saat sedang cinta-cintanya dengan linguistik Arab. Dimana sering nginep dan begadang di kos teman, mengetik manual dari kamus ke kamus, tak ada satu copy paste pun, semua ketik manual. Alhamdulilah, dengan segala RahmatNya, jadilah hasil begadang kami:


Sedikit saya beri gambaran ttg kamusnya:

A

Abjad حروف الهجاء (huru:f al-hija:i)
Kumpulan  tanda tulisan, disebut huruf , yang masing-masing menggambarkan satu bunyi atau lebih, dan biasanya mempunyai urutan tetap.
Abjad fonetis   أبجدية صوتية(abjadiyyah shautiyyah)
Abjad yang dipakai dalam transkripsi fonetis: mis. abjad IPA.
Abreviasi اختصار كتابي (Ikhtisha:r kita:bi)
Proses morfologis berupa penanggalan satu atau beberapa bagian leksem atau kombinasi leksem sehingga terjadi bentuk baru yang berstatus kata. Abreviasi ini menyangkut penyingkatan, pemenggalan, akronimi, kontraksi, lambang huruf. 
Absorpsi امتصاص (imtisha:sh)
Asimilasi yang mengakibatkan hilangnya sebuah fonem.
Adjektiva  صفة (Shifah)
Kata yang menerangkan kata benda.dalam BI adjektiva mempunyai ciri dapat bergabung dengan tidak dan partikel seperti lebih, sangat, dsb. Dalam Bahasa Inggris ditandai oleh kemampuannya untuk bergabung dengan –er, -est, atau more, most.
Adnominal واصف الاسم (wa:shif al-ism)
Kata atau kelompok kata yang menerang-kan nomina.
Adverb ظرف  (Zharf:)
Kata yang dipakai untuk memberikan verba adjektiva, proposisi, atau adverbia lain; mis. Sangat, lebih, tidak, dsb.
Adverbial ظرفي (Zharfi:)
Bentuk bahasa yang berfungsi sebagai adverbia tetapi tidak berinfleksi seperti adverbia biasa: bersifat atau berfungsi sebagai adverbia: mis. frasa adverbial.
Afiksasi   إضافة الزوائد (Idho:fah al-zawa:id)
Proses atau hasil penambahan afiks pada akar, dasar, atau alas.
Akar  أصل (Ashl)
Dasar; unsur yang menjadi dasar pembentukan kata; mis. Graf dalam  grafik, grafikal, biografi, dsb; linguistik Austronesia. Inti kata yang mengandung makna inti dan menjadi dasar pembentukan kata; ciri-cirinya: pada umumnya monosilabis berpola KVK, kadang-kadang bervariasi, kadang-kadang bertukar fonemnya, dan ada yang berhomofoni dengan bentuk lain.
Akronim النحت (al-naht)
Kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang sesuai dengan kaidah fonotaktik bahasa yang bersangkutan; mis. Kami, abri, hankam, rudal (=peluru kendali).
Aksara خط (Khath)
1.Sistem tanda-tanda grafis yang dipakai manusia untuk berkomunikasi, dan yang sedikit banyaknya mewakili ujaran; 2. Jenis sistem tanda-tanda grafis tertentu, mis. aksara Pallawa.
Aksen  لهجة (lahjah)
1.tekanan; 2. Tanda diakritis; 3. Variasi bahasa yang berbeda daripada variasi standar, terutama dalam ucapan; lih.logat.
Akusatif  منصوب (Manshu:b) (Dalam Kasus)

Kasus yang menandai nomina atau yang sejenisnya sebagai objek langsung.

Terimakasih untuk Tarjamah Center, walau saya cuma numpang ISBN ;p Hingga saat ini, kamus ini belum ada yang mau menerbitkan. Semoga suatu hari nanti saya bisa menerbitkannya sendiri. Dan semoga jika saya diperkenankan sekolah lagi (S2), saya ingin sekali bertemu dengan cinta pertama saya di kampus ini, Linguistik Arab :)

Dan, ehm, saya sempat mengagumi seorang anak jurusan Sastra Arab. Saya sempat ingin memberinya buku ini (walau masih banyak kekurangan, tp semoga bermanfaat untuk dia), tapi tidak jadi karena tidak tahu harus berkata apa. Masa iya tiba-tiba saya kasih, kemungkinan besar sih dia sudah tidak kenal saya, wong cuma teman satu kelompok ospek dulu. Dan akhirnya selama 4 tahun saya kuliah, rasa ini tak pernah tersampaikan. Sampai akhirnya , dia yang memang pintar telah wisuda duluan. Meninggalkan saya bersama kamus dalam ketidaktahuannya. 

Saya sih nggak mau sebut 'cinta' untuk si dia. tapi, untuk kali ini, hanya di blog ini, buat nyambung2in judul jg sih sebenernya. :D cinta pertama di kampus, bisa jadi dia dan Linguistik Arab. (penting ga sih..? haha)

2 komentar:

  1. Assalamualaikum, Kak..
    Kalo saya mau beli kamusnya bisa dapat di mana ya?

    BalasHapus
  2. pesen bukunya dmana ya dek...

    BalasHapus